Tuesday, April 16, 2013

Tips menjodohkan burung Jalak jantan dan betina


Proses penangkaran burung ini memang tidak mudah dan proses perjodohannya paling cepat membutuhkan waktu sekitar tiga minggu. Terkadang walaupun sudah dijodohkan burung Jalak Putih enggan kawin.

Kegagalan itu disebabkan birahi kedua induk belum cukup matang. Kecenderungan betina yang lebih agresif tak direspon dengan baik oleh pejantan, 

sehingga betina lebih memegang kendali. Akibatnya, pejantan tidak bisa berbuat banyak untuk membuahi telurnya.
Faktor usia juga bisa mempengaruhi proses perkawinan dimana masa idealnya dari burung jantan adalah ketika berumur dua tahun dan untuk betina ketika berumur satu tahun. Pada masa itulah kedua induk sudah memiliki kematangan birahi.
Sebelum di masukkan ke kandang penangkaran perlu diadakan proses penjodohan dulu agar tidak terjadi perkelahian yang dapat berakibat fatal yaitu burung yang kalah akan mati.
Dalam proses penjodohan ini burung jantan dan betina akan kita dekatkan selama sekitar 1 minggu agar kedua burung tersebut bisa saling mengenal. Tanda-tanda yang bisa dilihat untuk burung yang sudah jodoh adalah ketika burung sedang tidur dimana burung jantan akan tidur  berdampingan dengan jenis betina.
Jika kedua burung sudah tidur berdampingan maka kedua burung tersebut siap untuk dimasukkan ke dalam kandang penangkaran yang sebaiknya dilakukan pada sore hari.
Setelah dimasukkan di kandang penangkaran jangan langsung ditinggal dan sebaiknya tunggu sekitar satu jam untuk memastikan apakah burung tersebut benar-benar jodoh.

0 comments:

Post a Comment

 
 
Copyright © seputar dunia burung
Blogger Theme by Blogger Designed and Optimized by Tipseo