Tuesday, April 16, 2013

Produktivitas dan cara perawatan jalak suren

Reproduksi

Burung Jalak Suren bereproduksi sepanjang tahun dimana puncak dari perkembangbiakan biasanya terjadi pada bulan Januari hingga Juni. Sedangkan bulan Juli hingga Desember adalah masa penurunan perkawinan.
Burung Jalak Suren akan membuat sarang pada pohon yang bercabang. Jumlah rata-rata telur yang dihasilkan burung Jalak Suren adalah 3-4 butir dalam satu kali masa bertelur.
Telur akan dierami secara bergantian oleh induk betina dan jantan. Telur-telur yang dierami akan itu menetas setelah melewati 14 hari masa pengeraman.
Jalak Suren jantan mempunyai fungsi lain yaitu sebagai penjaga telur dari kemungkinan adanya predator yang akan memangsa telur Jalak Suren. Anakan Jalak Suren yang menetas akan dipelihara oleh induk hingga mencapai umur 45 hari.


Tips perawatan

Selain karena sebagai burung master banyak orang memelihara burung Jalak Suren karena perawatannya yang relatif sangat mudah. Tidak seperti burung peliharaan lainnya, burung Jalak Suren tidak perlu mendapatkan perawatan yang berlebihan.
Adapun yang harus diperhatikan dalam memelihara burung Jalak Suren adalah :
  • Kebersihan kandang harus selalu terjaga dengan membersihkan kotoran pada kandang dipagi hari dan sore hari,mengganti makanan voer pada cepuk tiap 3 hari sekali,mengganti air minum setiap hari
  • Sebelum penjemuran,burung diangin-anginkan terlebih dulu pada teras rumah antara 1/2 jam-2 jam,penjemuran sebaiknya dilakukan antara pukul 08.00-11.00
  • Selain pakan utama berupa voer, burung Jalak Suren perlu diberikan makanan tambahan berupa buah-buahan (pisang sobo, sawo, pepaya, dll) dan hewan hidup (jangkrik, kroto, ulat kandang, ulat hongkong, dll).
  • Burung Jalak Suren termasuk burung yang suka mandi. Pemandian jalak suren dapat dilakukan dengan menggunakan bak mandi atau dengan cara disemprot tergantung dari kebiasaan jalak suren itu sendiri. Memandikan jalak suren sebaiknya dilakukan pada pagi hari sebelum proses penjemuran.
  • Untuk melatih kekuatan stamina, jalak suren perlu diumbar pada kandang umbaran.
  • Burung jalak suren perlu diberikan burung master seperti burung kenari, lovebird, cucak jenggot, dll karena jalak suren dapat menirukan berbagai  macam suara burung lainnya.
  • Untuk melatih mental burung, jalak suren perlu digandeng dengan burung jalak suren lain, sebelum digandeng sebaiknya porsi makan burung ditambah.

0 comments:

Post a Comment

 
 
Copyright © seputar dunia burung
Blogger Theme by Blogger Designed and Optimized by Tipseo