Tuesday, April 23, 2013

Sekilas tentang burung nuri amazon


amazon1Nuri amazon atau amazon parrots termasuk dalam keluarga Psittacidae (burung paruh bengkok), dengan genus Amazona. Genus ini memiliki sekitar 30 spesies. Ditulis “sekitar”, karena beberapa ahli masih berbeda pendapat dalam menentukan apakah jenis tertentu merupakan subspesies dari spesies yang ada, atau merupakan spesies tersendiri. Belum diketahui seberapa banyak orang Indonesia yang memelihara nuri amazon. Jika tertarik, semoga artikel ini bisa membantu Anda dalam perawatan maupun penangkaran nuri amazon.
emua burung yang termasuk anggota genus Amazona, baik yang ukuran tubuhnya sedang hingga besar, berasal dari Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Ekornya relatif pendek dengan bentuk agak persegi. Warna bulu didominasi hijau, dengan warna-warna aksen yang mencolok.

Sama seperti jenis burung nuri lainnya, nuri amazon memiliki empat jari pada setiap kakinya. Dua jari mengarah ke depan, dan dua jari lainnya mengarah ke belakang. Nuri amazon memiliki ketangkasan kaki melebihi burung nuri jenis apapun.

Taksonomi nuri amazon

Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Aves
Ordo: Psittaciformes
Keluarga: Psittacidae
Sub-keluarga: Psittacinae
Suku: Arini
Genus: Amazona

0 comments:

Post a Comment

 
 
Copyright © seputar dunia burung
Blogger Theme by Blogger Designed and Optimized by Tipseo