Tuesday, April 23, 2013

Memelihara nuri amazon

blue-fronted-amazon-parrot-01Perawatan nuri amazon

Sebelum membeli nuri amazon, baik dari rekan / kerabat atau di pasaran, apalagi dengan jalan mengimpor, pastikan mengetahui dulu peraturan internasional dan peraturan di negara bersangkutan, tentang spesimen penangkaran dan hewan liar dari spesies burung yang ingin dipelihara.

Nuri amazon termasuk burung yang sangat cerdas dan sangat jinak. Burung ini mampu menirukan suara manusia dengan fasih, mudah dilatih macam-macam atraksi, bisa dilatih berhitung, bisa menyebut dengan akurat nama-nama benda yang sudah dihafalnya, dan sebagainya. Kemampuannya bisa disejajarkan dengan nuri abu-abu afrika atauafrican-grey parrots.

Nuri amazon gemar mengunyah benda-benda, terutama dari kayu. Karena itu, sediakan beberapa bentuk kayu di dalam kandangnya untuk dikunyah-kunyah. Sediakan pula mineral blok di dalam kandang. Selain untuk memenuhi kebutuhan mineral, juga dapat dijadikan sarana bagi nuri untuk mengasah paruh dan kuku yang sudah panjang.

Cara mandinya bisa menggunakan dua metode. Pertama, disemprot dengan air hangat. Kedua, sediakan saja bak mandi berisi air hangat ke dalam kandangnya. Kondisi fisik yang segar akan membuat burung nuri betah di kandang, dan mudah diajari atau dilatih berbagai jenis atraksi atau trik-trik tertentu, Misalnya melatih burung menuju tempat pembuangan kotoran atau semacam toilet khusus nuri.

Makanan nuri amazon

Di alam bebas, burung nuri amazon gemar makan kacang-kacangan, buah-buahan, dan dedaunan. Jjadi, ketiga jenis makanan itu perlu juga Anda sediakan dalam kandang. Anda juga bisa memberikan suplemen ataumulvitamin, serta sayuran.

Pemberian kacang-kacangan perlu dibatasi, supaya burung tidak mengalami obesitas (kegemukan) seperti yang sering dialami burung paruh bengkok lainnya. Untuk mengurangi potensi obesitas, burung harus sering bergerak, dan itu hanya dimungkinkan jika kandang berukuran cukup luas, terutama kandang aviary.

Untuk menanmbah protein, Anda bisa memberikan keju lembut, telur rebus, atau makanan olahan seperti egg food. Adapun buah yang perlu dihindari antara lain alpukat, karena banyak yang menganggap buah ini bisa bersifat racun untuk beberapa jenis burung.

0 comments:

Post a Comment

 
 
Copyright © seputar dunia burung
Blogger Theme by Blogger Designed and Optimized by Tipseo