Saturday, April 20, 2013

Burung kacamata menjadi peluang bisnis yang cukup menggiurkan


Burung kacamata menjadi peluang bisnis yang cukup menggiurkan bagi para pengemar burung di Jawa Barat.
Agus mulyana, salah seorang yang pedagang burung kacamata di Jalan Sukahaji Bandung mengatakan, sejak awal tahun kemarin permintaan burung kacamata meningkat 50% dari 10 ekor burung per harinya.
Permintaan datang tidak hanya dari Kota dan Kabupaten Bandung, akan tetapi dari regional Jabar seperti, Subang, Garut, Tasik, dan daerah lainya.
“Untuk  harga burung hasil tangkapan Rp15.000-Rp20.000 per ekor sedangkan untuk burung bakalan [siap latih] dijual Rp30.000-Rp40.000 per ekor.
Menurutnya, maraknya perlombaan burung kacamata yang digelar di sejumlah kota dan kabupaten Jabar dengan hadiah yang cukup menguntungkan, membuat para pengemar burung semakin berlomba untuk mendapatkan kualitas burung yang baik.
Selain itu, harga jual burung kacamata yang telah mendapatkan gelar juara, biasanya harga burung tersebut bisa beripat-lipat harganya, mulai dari Rp1 juta-Rp10 juta tergantung kualitas burungnya sendiri.
“Di Bandung hampir setiap hari diselengarakan perlombaan burung ini seperti, di Gardu Jati,  Cigereleng, PLN Moch Toha, Leweng Tiis, Secapa AD Ciumbeuleit, dan banyak lainnya, dengan peserta yang berasal dari regional Jabar,” katanya.
Saat ini Agus memasok burung dari para pengepul yang datang ke tempatnya, dengan harga yang bervariasi, sesuai dengan kondisi kualitas dari burung yang hendak dijual kepadanya.
Agus menjelaskan, sampai saat ini belum ada yang berhasil melakukan ternak dari burung ini, karena burung kacamata hidup secara liar, dan pasokan yang dia dapatkan dari hasil pemburuan.

0 comments:

Post a Comment

 
 
Copyright © seputar dunia burung
Blogger Theme by Blogger Designed and Optimized by Tipseo