Wednesday, March 13, 2013

keuntungan mengumbar lovebird di kandang bebas



Metode beternak love bird dengan cara mengumbar seringkali digunakan oleh peternak. Dengan metode ini, didapatkan beberapa khasiat antara lain:

Keuntungan :
1.Love Bird lebih sehat dan lincah
Hal ini dikarenakan lingkup terbang love bird sangat luas (kandang umbaran), sehingga dengan bebas mereka daapat beterbangan sama halnya dengan alam bebas.

2.Love Bird dapat jodoh secara alami
Dengan metode umbaran, dalam pengertian peternak mengumbar beberapa pasang love bird dalam 1 kandang. Mereka bebas memilih bakal jodoh mereka secara alami. Bila mereka sudah ber2 kesana kemari bersamaan, itu artinya mungkin mereka sudah nyaman bersama pasangannya. hal ini akan menjamin keharmonisan mereka karena terjadi secara alami

Dengan Catatan:
1.Dibutuhkan pintu keluar masuk yang aman untuk mencegah Love Bird lepas
2.Extra hati hati dalam bergerak untuk mencegah lovebird terluka.

Menurut Ilmu pengetahuan kami, dan juga pengalaman kami, Mengumbar Love Bird sangat efektif/berguna untuk Love Bird anakan hingga remaja, baik untuk bertumbuh dan mecari jodoh.

Kerugian :
Namun untuk usia dewasa, berikut adalah dampak yang bisa saja terjadi namun tidak selalu terjadi:

1.Love Bird Bertengkar
walaupun tidak selalu bertengkar, ada sebagian love bird yang memiliki sifat nakal akan berkelahi dengan love bird lain dalam 1 umbaran. Hal ini didukung dengan emosi burung Love Bird yang tinggi pada usia dewasa, mungkin juga untuk menarik perhatian si betina. Bila bertengkar, Love Bird dewasa rawan saling membunuh atau membuat cacat musuhnya. Beda dengan anakan remaja yang masih suka berkumpul bersama teman yang lain.

2.Gagal Tetas
Bila kandang umbaran digunakan juga untuk beternak, dapat beresiko abila suatu hari ada sepasang yang sudah bertelur, kawan se umbarang mereka bisa saja merusak telur atau menggoda si Jantan/ si Betina. Hal ini akan menghambat proses produksi

Solusi untuk mengatasi resiko diatas adalah setelah remajaan Love Bird menemukan jodoh alaminya, pindahkan sepasang love bird tersebut ke kandang standard Love Bird dan kemudian diberikan glodok hingga bertelur. Dengan cara ini diharapkan akan mengurangi resiko resiko buruk yang bisa saja terjadi.




0 comments:

Post a Comment

 
 
Copyright © seputar dunia burung
Blogger Theme by Blogger Designed and Optimized by Tipseo