Wednesday, March 13, 2013

Pola pemberian pakan lovebird yang sedang mengerami telurnya

Pola Pakan Sepasang Love Bird pada proses mengerami juga harus disesuaikan. Berikut menurut ilmu yang kami ketahui dan juga menurut pengalaman kami:

Pada saat LB Betina Mengerami telur dalam Glodok, otomatis si Betina akan sering berada dalam glodok, mungkin keluar sebentar untuk makan atau merenggangkan otot. Pada proses ini, si Jantan akan sering menyuapi si Betina. Selain Makanan yang tersedia harus tercukupi, diusahakan jangan diberikan makanan yang dapat menaikkan Birahi seperti Jagung atau Biji bunga matahari.

Mengapa Demikian?
Sebagian LB Jantan memiliki sifat Jahat atau bisa dibilang juga egois, apabila mereka terpancing birahi saat si betina mengerami, si jantan akan memecahkan telur/bakalan anak dengan cara di cucuk, agar si Betina tidak mengerami lagi dan bisa kawin dengan si Jantan lagi.

Tentu saja ini sangat merugikan bagi peternak, karena harus menunggu hingga bertelur lagi juga telur sudah terlanjur pecah.

Maka dari itu, kami sarankan untuk menjaga pola pakan Love Bird pada saat mengerami, untuk mencegah hal diatas terjadi. Disarankan beri makan kangkung setiap hari, biji bijian, atau extra fooding lainnya yang tidak memancing birahi.

0 comments:

Post a Comment

 
 
Copyright © seputar dunia burung
Blogger Theme by Blogger Designed and Optimized by Tipseo