Wednesday, April 10, 2013

Mengenal jenis kicauan burung jalak suren jawa


Burung Jalak sangat terkenal dengan kicauannya, sesuai dengan namanya Jalak atau dalam bahasa inggris (starling) yaitu nama sekelompok burung pengicau dari suku Sturnidae. 
Pada umunya ciri- ciri burung jalak ini berukuran sekitar 20-25 cm, gagah, dengan paruh yang kuat, tajam dan lurus, serta kaki yang panjang sebanding dengan ukuran tubuhnya. Uniknya lagi burung jalak bersuara keras bahkan bisa meniru suara burung lainnya.


Mengenal Jenis Kicauan Burung Jalak Suren Jawa. Burung Jalak suren atau dalam latinnya disebut sebagai Sturnus contra dan dalam bahasa Inggris disebut Asian Pied Starling atau Pied Myna. Burung Jalak suren ini diyakini mampu menjadi penjaga rumah yang handal, karena Burung jalak suren peka terhadap situasi sekelilingnya kemudian memberikan efek suaranya yang keras dan bervariasi sehingga jika dipelihara di rumah layaknya mempunyai anjing penjaga.


Burung dari famili Sturnidae ini dapat ditemukan hampir di seluruh Indonesia terutama di Pulau Sumatera, Jawa, dan Bali. Selain itu burung Jalak suren tersebar juga di berbagai negara seperti Bangladesh, Bhutan, Kamboja, China, India,Laos, Myanmar, Nepal, Pakistan, dan Thailand.

Seperti pada umumnya burung jalak suren berukuran sekitar 24 cm, bulunya berwarna hitam dan putih. Bagian yang berwarna putih seperti dahi, pipi, garis sayap, tunggir dan perut. Sedangkan bulu di dada, tenggorokan, dan tubuh bagian atas berwarna hitam atau coklat pada saat remaja.

Bagi kamu pencinta kicauan burung, burung jalak suren jawa ini sangat menarik untuk di pelihara. Namun untuk menjaga populasi burung jalak suren agar tidak punah, sebaiknya kamu membeli burung jalak dari hasil budidaya atau penangkaran. Karena khususnya di Indonesia, burung jalak suren ini sudah mulai sulit ditemukan di habitat aslinya.


0 comments:

Post a Comment

 
 
Copyright © seputar dunia burung
Blogger Theme by Blogger Designed and Optimized by Tipseo