Wednesday, April 10, 2013

Kandang penangkaran jalak suren

Syarat berhasil tidaknya sebuah penangkaran burung  tentulah sangat bergantung kepada beberapa hal misalnya kandang penangkaran, calon indukan yang berkualitas, pakan yang bergizi, serta lingkungan yang aman dan nyaman bagi burung. 


Kandang Penangkaran
Kandang penangkaran bisa dibangun dengan ukuran sesuai selera kiata jadi tidak ada patokan tertentu tentang ukuran minimal ataupun maksimal kandang penangkaran selama kandang tersebut mampu membuat nyaman dan aman bagi burung yang menghuninya.  tapi jika kebetulan anda memiliki lahan yang luas bisa saja membuat kandang dengan ukuran minimal  panjang 1 M, lebar 1 M dan tinggi 180 Cm.  yang terpenting adalah suasana kandang yang tenang dengan sirkulasi udara yang cukup dan ada bagian yang teduh didalam kandangnya bisa dengan memasukan pohon yang rindang kedalam kandangnya. 
Perlengkapan yang bisa dimasukan kedalam kandangnya antara lain : tempat bersarang , tempat bertengger dan tempat untuk menaruh pakan dan minumannya dan tidak lupa menyediakan bak mandi yang besar didalam kandangnya. 

Jalak suren mulai dewasa pada usia 8-10 bulan dan siap dikawinkan pada umur 10-12 bulan. Idealnya, untuk betina yang baik disyaratkan berumur setahun; jantan’ 1,5-2 tahun. Umumnya betina lebih cepat dewasa kelamin dibanding jantan.
Setiap perkawinan, sepasang jalak suren bertelur sebanyak 3-4 butir. Telur menetas selama 14 hari setelah dierami induknya. Untuk mempercepat proses perkawinan, telur dapat ditetas di induk asuhan atau mesin penetas. Anakan jalak suren berumur 1,5 bulan siap dijual ke pasaran. 

0 comments:

Post a Comment

 
 
Copyright © seputar dunia burung
Blogger Theme by Blogger Designed and Optimized by Tipseo