Wednesday, April 10, 2013

Mengenal jalak suren dan penangkarannya


Gambar jenis jenis jalak suren
Sebagai burung yang bisa disebut sebagai burung ocehan yang paling bandel dan cerewet mungkin jalak suren adalah yang pantas menyandang predikat tersebut. selain disebut sebagai burung yang paling berisik terlebih jika mendengar suara lain yang ramai atau ribut burung jalak suren juga ternyata bisa menjadi penjaga rumah bagi pemiliknya , burung ini ( tentunya yang sudah jinak dan sudah jadi ) akan bersuara lebih berisik jika melihat ada orang yang lewat didepannya / menghampirinya.  selain itu jalak suren juga bisa dibilang paling mudah ditangkarkan, bahkan untuk harga pasaran anakannya saja boleh dibilang masih memiliki harga yang tinggi untuk burung jenis ini dan tentu saja hal ini bisa disebut sebagai usaha penangkaran yang mempunyai prospek yang lumayan kedepannya. 

Jalak Suren yang kita kenal kebanyakan berasal dari daerah lokal, dan kerap dikenal dengan sebutan jalak suren lokal / jawa meskipun burung tersebut asalnya dari daerah lain. Selain jalak suren lokal di pasaran juga beredar burung jalak suren lainnya yang hampir mirip dengan jalak suren lokal yaitu Jalak suren Malaysia. perbedaan diantara kedua burung jalak ini bisa dilihat dan dibedakan dari : 

Jalak suren Lokal 
Warna bulu pada bagian kepala / rambut berwarna hitam kelimis dan mengkilat.
Paruh yang berwarna putih gading mulai dari pangkal hingga ujungnya. 

Jalak Suren Malaysia 
Warna bulu pada bagian kepala / rambutnya sebagian berwarna Putih sehingga mirip uban. 
Pangkal paruh yang berwarna orange / merah. 

Kemiripan diantara keduanya kerap dijadikan sebagai bahan penipuan oleh pedagang burung yang tidak jujur. dikarenakan harga pasaran burung Jalak Suren Malaysia yang sangat jauh berbeda dengan pasaran jalak suren lokal  tentu hal ini membuat pedagang burung berusaha mencari untung dengan menyemir warna pada bagian putih dari bagian kepala burung jalak suren malaysia menjadi hitam seperti halnya burung jalak suren lokal. akan tetapi jika kita lebih jeli tentu akan bisa melihat perbedaan dan ciri ciri khusus seperti yang telah disebutkan diatas yaitu burung jalak suren malaysia yang pada pangkal paruhnya berwarna orange/merah, satu hal ini yang tidak dapat ditutup-tutupi oleh pedagang burung. 
Selain itu burung jalak suren malaysia lebih dominan bersifat dan berkarakter giras , tidak akan bisa jinak kecuali jinak lalat. hal ini dikarenakan burung jalak suren malaysia yang kebanyakan di pasaran adalah hasil tangkapan hutan/ muda hutan dibanding burung jalak suren lokal yang kebanyakan adalah hasil tangkaran. 

0 comments:

Post a Comment

 
 
Copyright © seputar dunia burung
Blogger Theme by Blogger Designed and Optimized by Tipseo