Thursday, March 14, 2013

Tips agar lovebird dapat bertelur lebih banyak

Dalam breeding lovebird yang kita harapkan adalah lovebird kita cepat produksi dan menghasilkan anakan yang banyak. Dari referensi teman-teman yang sudah berpengalaman saya coba untuk menjelaskan bagaimana caranya agar pasangan lovebird cepat produksi.


Lovebird akan cepat produksi bila dia merasa tenang baik dari sirkulasi udara, suasana, perawatan yang baik, pemberian makanan yang teratur,  tidak terganggu dengan binatang (tikus, tokek, kucing) ataupun dengan kita sendiri.

Karena sulit untuk memastikan jenis kelamin lovebird maka sebaiknya digunakan sangkar koloni tidak usah terlalu besar, cari saja sangkar batrai yang banyak  dijual dipasaran yang biasanya digunakan untuk breeding.
Misalnya kita mempunyai 5 pasang atau 10 ekor anakan usia 3 bulanan disatukan saja semua dalam satu sangkar batrai jangan diberi glodok dahulu, perhatikan  biasanya nanti usia 4 sampai 5 bulan akan mulai belajar kawin, nah setelah belajar kawin baru kita pisahkan pasangan itu disangkar batrai tersendiri yang sudah diberi glodok.

Alasan mengapa ketika anakan jangan diberi glodok karena bila anakan yang kita dapat itu dari lolohan indukannya sediri dia akan takut dengan orang dan bila diberi glodok anakan tersebut akan sering masuk keglodok yang nantinya akan menjadinya takut dengan orang dan gampang tersinggung hehheee kayak manusia aja, nah agar anakan terbiasa dengan keramaian jangan diberi glodok dahulu ya.
Ketika usia 4-5 bulan sudah belajar kawin baru dipisah disangkar batrai sendiri yang telah diberi glodok, karena sudah terbiasa dengan keramaian nanti ketika dia bertelur tidak gampang tergangu dan tentu nantinya akan menghasilkan anakan yang maksimal.

Kalau itu Lovebird bisa bicara tentu dia akan bicara seperti ini " Hai tuan, tuan bikin saya senang, saya akan bikin tuan senang dengan bertelur, menetas dan membesarkan anak saya dengan baik". Kagak  pecaya coba aja dengerin tuh burung mudah-mudahan anda tidak dianggap gila  hehe... maaf bercanda gan
Demikain trik dari saya, ini adalah satu dari banyak trik yang digunakan oleh para breeding lovebird. Semoga bermanfaat.



0 comments:

Post a Comment

 
 
Copyright © seputar dunia burung
Blogger Theme by Blogger Designed and Optimized by Tipseo