Monday, September 2, 2013

Inspirasi dari Hobby Meningkatkan Gairah Hidup

Inspirasi dari Hobby Meningkatkan Gairah Hidup

Akhir-akhir ini mulai banyak yang minta berkunjung ke rumah, tujuan berkunjung bermacam-macam ada yang ingin silaturahmi dan diskusi mengenai kenari… ada juga yang ingin melihat-lihat kenari koleksi saya… terus terang kenari koleksi saya masih terbatas hanya beberapa ekor yang menurut saya tidak pantas untuk di lihat hehe…

Selain koleksi kenari masih terbatas tempat untuk diskusi atau bincang-bincang sangat-sangat terbatas kadang-kadang harus berdesak-desakan dengan anak-anak saya yang lagi lincah-lincahnya hehe….

Dari ruangan sempit dan pengap ini saya banyak belajar bagaimana semangat kenarimania dalam mengembangan hobi kenari menjadi sebuah sumber kehidupan… suatu hari saya kedatangan Bapak-bapak kalau tidak salah namanya Pak Sasmita beliau sebentar lagi akan menjalani masa purnabakti dari tempat beliau bekerja selama hampir 30 tahun. Dengan penuh semangat beliau bercerita mengenai rencana pembuatan kandang ternak, bercerita mengenai kenari koleksinya yaitu beberapa ekor kenari Yorkshire buat indukan.

Di lain waktu saya kedatangan tamu masih muda dengan penuh semangat beliau cerita mengenai rencana pengembangan ternak kenari, pada saat pertama datang ke rumah saya materi ternak kenari beliau masih terbatas. Seminggu yang lalu dia bilang koleksi kenarinya sudah mulai banyak dan sudah mulai menghasilkan anakan dari kenari impor….

Hari minggu kemarin saya kedatangan 3 orang kenarimania (anak muda beserta om dan Bapaknya), sambil diskusi saya coba pancing tujuan beliau pelihara kenari…. Kenarimania ini (Bapaknya) hobi burung sudah lama beliau bilang hobi pelihara burung sudah lama hanya sampai saat ini beliau jarang berhasil ternak burung…. beliau punya anak (si anak muda) hobi burung juga terutama kenari dan yang istimewa anaknya ini berhasil dalam beternak (Bapaknya bilang anaknya tangannya dingin… sehingga apapun yang dia ternak selalu berhasil). Bapak ini punya rencana ingin mengarahkan anaknya menjadi seorang breeder…..

Sebetulnya lumayan banyak yang datang kerumah hanya kalau di ceritakan disini satu persatu tidak akan cukup waktu untuk menulisnya….. intinya kenarimania yang saya sebutkan diatas mempunyai tipikal yang sama yaitu beliau-beliau mempunyai harapan dan rencana yang terarah… Dalam diskusi saya bisa menangkap bagaimana mereka menata rencana dari sebuah harapan menjadi sesuatu yang konkrit dan terukur.

Harapan merupakan suatu motivasi yang membuat orang mau berusaha dan bekerja keras, saya yakin orang tanpa harapan seperti mayat hidup hi…. serem yach….??.. Dan ternak kenari penuh dengan harapan … ketika anda membeli anak kenari harapannya pada saat dewasa nanti bersuara indah bahkan bisa menjadi juara…. Apalagi ketika anda beternak kenari hampir setiap hari anda mempunyai harapan. Ketika anda menjodohkan kenari harapannya bisa cepet jodoh, setelah jodoh harapannya cepet-cepet bertelor, setelah bertelor harapannya bisa netes, anaknya bisa tumbuh sampai besar bahkan bisa jadi juara…. Bahkan kita berharap menumpang hidup pada kenari hehe…. 

Ketika anda merasa mentok di tempat anda bekerja atau anda merasa jenuh dengan pekerjaan yang itu-itu saja… mulai sekarang bagi anda yang belum punya kenari coba pelihara kenari, bagi yang sudah punya kenari coba kenarinya diternak… mudah-mudahan dengan memelihara kenari harapan yang hampir punah karena merasa karir sudah mentok bisa mempunyai harapan baru dari hasil pelihara kenari. Kalau anda tidak senang pelihara kenari anda bisa mengembangkan hobi dibidang lain, hanya yang utama anda harus fokus, sabar dan ulet menjalaninya…. Karena yang namanya ternak banyak godaannya….. Demikian semoga bisa menjadi sebuah inspirasi….
info kenari ini disarikan dri http://burungkenari.wordpress.com

0 comments:

Post a Comment

 
 
Copyright © seputar dunia burung
Blogger Theme by Blogger Designed and Optimized by Tipseo