Saturday, April 27, 2013

Mutasi flu burung bisa mematikan manusia


Virus flu burungPeneliti menemukan lima perubahan genetika yang membuat virus flu burung menjadi pandemik mematikan. Makalah pada jurnal Science menjelaskan perubahan ini memungkinkan terjadi secara alamiah. 

Agensi Amerika Serikat gagal mencegah publikasi penelitian ini. AS khawatir teroris dapat menggunakan virus H5N1 ini sebagai senjata biologis. 

Menurut peneliti Pusat Medis Erasmus di Belanda, Prof Ron Fouchier, publikasi ini justru berguna bagi komunitas ilmuwan. Informasi ini disebarkan agar bisa bersama melawan penyebaran pandemik flu ini di masa depan. 

"Kami berharap agar bisa mempelajari virus yang bisa menyebabkan pandemik. Dengan mengenalnya, kami bisa mencegah melalui program pemberantasan yang ketat," ujar Fouchier kepada BBC. 

Dia menambahkan penelitiannya bisa mempercepat pengembangan vaksin dan obat anti penularan. Obat ini diharapkan dapat melawan bentuk mematikan flu burung yang dapat menular dengan cepat pada manusia. 

Virus H5N1 telah mengakibatkan kematian puluhan juta burung. Bahkan, ratusan juta lebih telah dibantai untuk mencegah penyebaran. 

Virus ini juga mematikan bagi manusia. Tapi, hanya bisa menjangkiti apabila Anda memiliki kontak yang dekat dengan burung yang terinfeksi.
- Vivanews.com -

0 comments:

Post a Comment

 
 
Copyright © seputar dunia burung
Blogger Theme by Blogger Designed and Optimized by Tipseo