Saturday, March 30, 2013

Peluang penangkaran burung saat ini dan masa mendatang


Burung kacer saat ini termasuk salah satu burung favorit di arena lomba. Dari sisi suara dan gaya tarung, burung kacer memiliki tipikal yang hampir sama dengan burung murai batu. Karena mudah dimaster dan memberikan sajian gaya tarian yang indah, menjadikan burung kacer memiliki tempat tersendiri di hati para penghobi burung.
Bagaimana peluang dan prospek ekonomi menangkarkan  kacer ini?
Secara umum, prospek penangkaran burung kacer hitam ataupun kacer poci saat ini belum menjanjikan. Alasannya sederhana, pasok di pasar untuk burung kacer poci (yang lebih diburu ketimbang kacer hitam) masih melimpah dengan burung-burung hasil tangkapan hutan. Sementara untuk menangkarkan burung kacer hitam saat ini, peluang pasarnya tidak luas karena orang lebih banyak memilih kacer poci.
Namun demikian, perlu diingat, bahwa pasok burung kacer poci dari hutan akan segera menipis dengan semakin banyaknya penangkapan. Tidak sampai satu atau dua tahun ke depan, burung kacer poci tangkapan hutan akan habis di pasaran. Artinya, pada masa-masa mendatang, penangkaran kacer akan “mengalami era keemasan” juga.
Apakah Anda akan menunggu datangnya masa itu untuk menangkarkan burung kacer? Sebaiknya mulailah dari saat ini.
Mumpung harga calon indukan masih relatif terjangkau, berburulah kacer poci yang berkualitas atau malah yang sudah jawara di arena lomba untuk ditangkarkan. Jika sudah beranak-pinak, berilah pelatihan dan pemasteran yang bagus untuk anakan-anakannya. Buktikan bahwa kacer poci hasil penangkaran lebih mudah “didandani” untuk dijadikan burung jawara. Maka, tidak akan lama lagi Anda akan muncul sebagai salah satu penangkar handal burung kacer.

0 comments:

Post a Comment

 
 
Copyright © seputar dunia burung
Blogger Theme by Blogger Designed and Optimized by Tipseo