Wednesday, February 20, 2013

Istilah “F”, untuk kenari

Burung kenari secara umum saat ini memang sedang naik daun. Lebih khusus lagi adalah anakan-anakan kenari body besar. Mereka diburu untuk dijadikan bahan dasar “pemasteran”, dibesut menjadi burung gacoan lomba. Anakan kenari body besar, baik itu F1 Yorkshire atau F2 Yorkshire, dengan volume kencang apalagi ngristal, akan disimpan dan dijadikan “andalan” di arena lomba.
Ya, singkat kata, pamor kenari tidak redup. Di berbagai blok seperti barat dan tengah, kontestannya masih ramai. Sedangkan untuk blok timur, peserta kontesnya melesu. Kendati demikian, di kandang penangkaran pamornya berjaya. Apalagi kenari Yorkshire, jenis yang paling banyak diburu peternak untuk dijadikan basic blood.
Baik, simak lebih jauh ya artikel tentang kenari body besar, khususnya Yorkshire ini sebagaimana dilaporkan Agrobis Burung, edisi 586, Juli 2011.
Harga seekor anakan YS atau sepasang indukan, kini sudah melambung tinggi. Dibandingkan dengan harga kenari lokal, harganya jauh berlipat ganda. Alasan ini yang membuat peternak banyak membudidayakan kenari bongsor. Seperti F1 dan F2.

Untuk menghasilkan anakan dari dua jenis tadi, pilihan tepat basic blood buat indukan adalah YS. Baik pejantan atau betina. Bahkan bisa keduanya. Tergantung bagaimana kesiapan peternak untuk meracik jenis yang konon dikenal tinggi tingkat kesulitannya.
Memang diakui, beternak YS memiliki handycap yang tinggi. Lantaran itu pula harganya dibanderol mahal. “Ya Wajar bila proses menangkarnya sulit, maka harga anakan atau sepasang indukan menjadi mahal. Hukum ekonomi berlaku di situ,” ujar Andriansyah, peternak dari blok barat.
“Coba bayangkan, anakan dari YS bisa menurunkan F1 atau F2. Tahu sendiri kan harga kedua jenis tadi, pasarnya juga lagi bagus. Makanya, meski harganya mahal, YS terus diburu para peternak,” tutur Nur Kholis, pemburu anakan YS asal Malang.
Di beberapa stand kenari di Pasar Burung Bratang, Pasar Burung Giri Gresik, dan Pasar Burung Splendid Malang, banyak pembeli mengamini tingginya harga anakan YS.
“Selain harganya mahal, stoknya terkadang menipis. Jadi kalau ada yang punya otomatis cepat laku terjual,” ujar Eko, pembeli yang ditemui di Bratang Surabaya.
Hal senada juga diamini Irawan, pemburu kenari yang suka langsung membeli anakan YS dari importer. Menurutnya, pembeli juga harus berhati-hati dalam berburu jenis ini.
Pasalnya, cuaca di Indonesia tidak sesuai dengan cuaca alam asal YS berada. “Burung ini rentan terserang penyakit, jadi kalau beli YS yang baru diimpor sebaiknya diteliti dan berhati-hati. Apalagi harganya muahal.


Tips memilih yorkshire

1. Lincah dan banyak bergerak

2. Rajin makan

3. Sorot mata tajam

4. Tidak ada kotoran menempel di pantat atau pangkal ekor

5. Periksa kondisi fisiknya. Sebelum melakukan hal ini, sebaiknya ijin dulu pada sang pemilik untuk memegang tubuhnya. Selanjutnya, raba tulang dadanya. Kalau badanya kurus (dada menonjol tipis seperti silet) sebaiknya jangan diambil. Dikhawatirkan YS mengidap penyakit. Dengarkan suara napasnya, jika napasnya terdengar berbunyi ngik… ngik, sebaiknya jangan diambil. Ditakutkan terkena penyakit pernapasan.

6. Kalau ada sangkar kosong pisahkan Yorkshire yang sudah dipilih.

7. Perhatikan postur badannya :
- Badannya seperti wortel terbalik.
- Mata cerah dan sorot matanya tajam.
- Bulu tipis V.
- Kaki tinggi jenjang.

8. Pilih umur sesuai kebutuhan, jika ingin cepat berreproduksi atau ingin cepat diternak pilih Yorkshire kelahiran tahun 2008, 2007 maksimal kelahiran 2006.
Disarankan usia maksimal 3 tahun. Bila diatas 3 tahun dikhawatirkan YS tersebut indukan afkir. Kalau Anda ingin mencari YS untuk kebutuhan master pilih usianya yang masih muda. Jenis ini bisa dikategorikan sebagai burung-burung yang mudah dimaster sebagian suara master dapat di terima dengan baik.
Kelemahan memilih kenari usia muda membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa mendengarkan suaranya.

9. Seperti diketahui YS merupakan kenari lambat bunyi. Pada saat memilih jangan terlalu berharap dapat Yorkshire bunyi. Mendapatkan yang ngeriwik saja sudah cukup. Biasanya Yorkshire bunyi ciapnya kencang berprospek suara kencang.



0 comments:

Post a Comment

 
 
Copyright © seputar dunia burung
Blogger Theme by Blogger Designed and Optimized by Tipseo