Wednesday, May 8, 2013

Sekilas tentang prenjak padi atau cici merah


Burung cici padi merah atau ada yang menyebut prenjak padi karena fisik burung tersebut mirip dengan burung prenjak. sekarang mulai di pelihara oleh para penggemar burung kicauan.

  • Suaranya lumayan keras karena terbiasa hidup di habitatnya di persawahan.
  • Pemeliharaanya dan perawatanya juga cukup mudah
  • Cepat beradaptasi pada makanan burung pabrikan, tidak seperti burung prenjak yang susah sekali untuk belajar memakan voer burung.
  • Di habitatnya terdapat burung sejenis tetapi berwarna coklat suaranya tidak sebagus cici merah.
  • Cici coklat hanya berbunyi tik tik tik yang terus menerus sambil terbang, sedangkan jenis yang merah bersuara weng weong pendek pendek disertai suara mirip ciblek

Ciri jantan dan Betina
Perbedan jantan pada cici padi secara fisik terlihat ekor jantan lebih panjang dan meruncing sedang betina ekor lebih pendek dan rata. pada suara tentu saja jantan lebih banyak variasinya di bandingkan betinanya sangat mudah untuk membedakan jantannya tidak perlu lama untuk melihat dan memilih pejantan. pada prenjak padi betina ada garis -garis coklat di kepala. sedangkan cici merah jantan polos merah keemasan pada umur dewasa. Tetapi lebih bagus kita pelihara berpasangan agar nanti kicaunya lebih komplit seperti pada burung prenjak dengan sangkar berdempet yang di isi jantan dan betina

Perawatan cici padi merah bakalan
Apabila kita baru mendapatkan cici merah tangkapan alam, burung ini apabila baru dimasukan dalam sangkar akan mencoba menerobos sela-sela jeruji, apabila ada yang longgar dia akan lapas. Oleh karena sifatnya yang suka menerobos sela padi, sebelum memasukan ke dalam sangkar terlebih dahulu di kontrol dulu kondisi sangkar. setelah itu masukan tempat minum dan tempat pakan yang kita beri ulat kandand sebagai pakan yang diberi sedikit voer halus seperti SM atau kroto sari, agar burung terbiasa akan bau makanan buatan. Biarkan setelah agak terbiasa dalam sangkar mulai dimandikan dengan semprotan halus. Burung cici padi sangat suka terik matahari jadi apabila di jemur lama tidak apa-apa. Setelah agak lama kita pelihara burung ini akan segera berkicau dengan kicauan awal terdengar seperti suara kucing.

0 comments:

Post a Comment

 
 
Copyright © seputar dunia burung
Blogger Theme by Blogger Designed and Optimized by Tipseo