Monday, May 13, 2013

Jenis makanan yang disukai burung betet


Jumlah pakan yang diberikan untuk burung betet harus mencukupi kebutuhan, tetapi tidak berlebih.  Jumlah yang cukup ini biasanya dapat diperkirakan berdasarkan pengamatan dan pengalaman sehari-hari pada burung betet peliharaan Anda. 
Pakan diberikan dua kali sehari, pagi dan siang hari. Pada pagi hari biasanya jumlahnya lebih banyak daripada pakan yang diberikan pada siang hari karena pada pagi hari burung lebih aktif makan. 
Setiap hari pakan harus diganti dengan yang baru, terutama bila pakan berupa buah-buahan karena buah yang sudah basi dapat menyebabkan burung menjadi sakit.
Berikut ini beberapa jenis makanan yang disukai burung betet:
1. Biji-bijian
Biji-bijian merupakan makanan utama dari burung betet. Seperti, millet (seperti biji gandum namun lebih kecil bisa didapat di toko pakan burung), jagung muda yang sudah ada bijinya, biji jejawut, biji kenari, dan lainnya.
2. Sayuran atau buah-buahan
Aneka sayuran dan buah-buahan yang disukai burung betet diantaranya adalah sawi putih, wortel, pisang kepok dan pepaya. Berikan secara berkala sebagai sumber vitamin.
3. Mineral atau asinan
Burung betet memerlukan suplemen untuk menjaga kesehatan dan menambah produktivitas telur. Cangkang telur rebus yang sudah dikeringkan bisa menjadi suplemen alami. Tusukkan cangkang telur ayam yang sudah dijemur kering pada seutas kawat satu persatu. Kemudian simpan di pinggir kandang dekat dengan tempat pakan burung.

0 comments:

Post a Comment

 
 
Copyright © seputar dunia burung
Blogger Theme by Blogger Designed and Optimized by Tipseo