Sunday, March 3, 2013

Love bird tidak mau mengerami telurnya

Proses pengeraman memiliki andil besar dan penting dalam kegiatan breeding / beternak Love Bird. Pengeraman lah yang menentukan berapa jumlah anakan yang diproduksi oleh tiap tiap pasangan Love Bird. Apabila proses ini terganggu, tentunya sangat merugikan kita sebagai peternak. Maka dari itulah kita perlu mengetahui faktor faktor apa saja yang bisa menyebabkan Proses pengeraman gagal.

Berikut adalah faktor yang kami ketahui tentang faktor faktor yang bisa menyebabkan Love Bird tidak mengerami :
  • Pengalaman dan Kepintaran si Betina
Semakin berpengalaman Love Bird akan semakin bagus dalam produksinya. Bila terjadi Love Bird tidak mengeram, kemungkinan pertama adalah si Betina kurang memiliki pengalaman dalam mengerami telurnya.
Kepintaran si betina dalam mengerami jelas besar pengaruhnya terhadap hasil produksi. Seiring berjalannya waktu, si betina akan semakin pintar dalam mengerami telurnya. Wajar dan banyak terjadi kegagalan tetas pada telur periode pertama / Tembean (indukan baru). Itu terjadi karena si betina masih belum memiliki pengalaman dalam mengerami telurnya.
Tetapi pada periode kedua kemungkinan besar akan menetas paling tidak 1 ekor dari jumlah telur yang dikeluarkan.

  • Tingkat Birahi
Kemungkinan kedua dari Love Bird tidak mengerami adalah tingkat birahi yang tidak terkendali. Biasanya terjadi karena pola makan tidak diatur pada saat Mengerami. Bila Love Bird terpancing birahi, terlebih terjadi pada si betina, mereka tidak mengerami lagi tetapi lebih memilih untuk keluar dan kawin dengan si Jantan.

  • Tingkat Stress
Kemungkinan ketiga Love Bird tidak mengerami adalah tingkat stress mereka. Maka dari itu usahakan jangan ada yang mengganggu Love Bird. Seperti suara bising, lalu lalang orang terlalu sering, atau adanya ancaman dari hewan lain. Bisa ditangkal dengan memberikan kerudung pada sepasang love bird dalam proses pengeraman dengan harapan menangkal gangguan yang bisa saja terjadi. Tetapi tetap perhatikan masuknya cahaya dan pertukaran udara yang baik.

  • Glodok / Sarang
Kemungkinan keempat adalah adanya gangguan dalam glodok Love Bird itu sendiri. Seperti banyak terdapat kotoran / debu / jaring laba laba mungkin, sehingga membuat si indukan tidak betah di dalamnya. Bisa juga adanya gangguan hewan kecil seperti cupit, kecoak, laba laba, semut, dan hewan hewan kecil lain yang bisa mengganggu bahkan membunuh si Betina beserta telur telurnya. Jagalah kebersihan dari luar dan dalam glodok agar proses pengeraman berjalan lancar.



0 comments:

Post a Comment

 
 
Copyright © seputar dunia burung
Blogger Theme by Blogger Designed and Optimized by Tipseo