Monday, March 4, 2013

Kendala kendala dalam beternak lovebird

Dalam memulai beternak Love Bird, selain memperhitugkan hasilnya, tentu anda harus mempertimbangan dengan kendala yang akan anda hadapi kedepannya.

Berikut beberapa kendala beternak lovebird :
  • Polusi suara.  Kalau sudah tiba waktunya Love Bird sedang aktif aktifnya. biasanya pada saat matahari sudah meninggi sekitar pukul 11.00 sampai 14.00, Love Bird akan bersahutan mengeluarkan suaranya. Suara love bird yang tidak sengaja diisi memang bisa dibilang jelek atau istilah jawanya mbrebeki.  Sebenarnya ini lah letak keunikannya. Suara Love Bird yang khas dan bersahutan akan menimbulkan suasa ceria dan menyenangkan. tetapi bisa juga mengganggu orang yang sedang tidur atau ingin istirahat. Tapi jangan khawatir. Kalau lampu dimatikan saat malam, love bird juga akan beristirahat.
  • Gagal Tetas.  Ada beberapa faktor yang bisa mengakibatkan indukan anda gagal tetas, entah karena kurangnya pengalaman indukan dalam mengerami atau merawat anaknya, tetapi faktor ini bisa diatasi seiring berjalannya waktu. Indukan akan semakin pintar dalam mengerami dan merawat anak anaknya. Faktor lainnya adalah Pergantian cuaca ekstrim. Pada awal awal bulan 2012 contohnya, Terjadi perubahan cuaca yang ekstrim dari panas ke hujan. pada Kondisi ini, Indukan akan rawan gagal tetas. Namun hal ini tidak terjadi bila kondisi cuaca normal.
  • Perkelahian Love Bird. Hal ini umumnya terjadi pada saat Love Bird dijadikan 1 sangkar dengan saudara atau bukan saudaranya sendiri yang memiliki umur sepantaran. Alih alih mau mencarikan jodoh yang tepat, sebagian love bird yang memiliki sifat nakal / jahat akan berkelahi dengan love bird lain. yang bsia mengakibatkan salah satunya cacat. Buruknya lagi, bila Love Bird sudah dewasa akan dijodohkan. Apabila tidak disertai dengan pengetahuan dan pengamatan yang jeli dalam menjodohkan Love Bird Dewasa, bila mereka merasa tidak cocok, mereka tidak malu malu untuk berkelahi sampai titik darah penghabisan. biasanya hal ini terjadi bila yang dijodohkan Jantan-Jantan, perbedaan usia yang terlalu jauh, atau salah satu love bird memiliki sifat yang kejam ketika mereka merasa tidak suka.
  • Cacat pada Love Bird. Hal ini biasa terjadi pada anakan yang baru menetas. biasanya dikarenakan kaki terjerat oleh sarang yang terlalu berbelit belit ataupun sampai terperosok di sela sela kawat dan dipaksa ditarik sehingga mengakibatkan kecacatan seperti kaki kaku atau juga patah. Pemegangan Love Bird secara tidak benar juga bisa melukai / mematahkan tulang sayap Love Bird. Namun hal ini jarang terjadi
  • Serangan Ham. Bila peternak tidak menjaga kebersihan di ruangan atau di sangkar, tidak menutup kemungkinan hama akan berdatangan. Antara lain Kecoak, Semut, Tikus, Cupit, atau hewan2 lain yang bisa ikut bersarang dalam Glodok dan bisa menyerang indukan, hingga mengakibatkan kerugian mulai dari anakan mati sampai indukan mati. Utamakan kebersihan pada lingkungan sekitar
  • Kematian Love Bird. Dalam memilih calon indukan, ada beberapa yang perlu diperhatikan yang sudah kami sediakan pada Tips Memilih Love Bird. Pemilihan calon indukan yang sudah terlihat tidak sehat, bila tidak dilakukan perawatan yang baik tentunya Love Bird tersebut bisa mati. Juga dalam perawatannya harus dilakukan sebaik mungkin untuk mencegah kematian yang biasa ditimbulkan akibat penyakit, virus, dan hama. Karena harga yang tinggi, kematian ini juga menimbulkan kerugian yang juga tinggi.
  • Love Bird Lepas. Dalam memelihara Love Bird atau juga berlaku pada burung burung yang lain, pasti ada resiko Burung terlepas dari kandang. Alasan yang paling utama adalah "Lupa Mengunci Pintu Kandang". Karena keceredasan Love Bird, mereka mampu membuka sarang yang tak terkunci dengan kawat atau kabel. Dengan demikian Love Bird akan terlepas entah kemana. Solusinya, sediakan tempat yang cukup aman, apabila sampai terjadi Love Bird Lepas, pastikan Love Bird akan tetap dalam ruangan (Tidak keluar ruangan) agar bisa ditangkap kembali. Kerugian yang ditimbulkan bisa saja besar atau sangat besar. Karena harga love bird per ekor yang berkisar antara 150rb (anakan Non Klep) sampai dengan 3-5 juta (Harga Lutino Mata Merah).
  • Sakit Mata. Sakit Mata adalah musuh terbesar peternak Love Bird sekaligus pembunuh nomor 1 atau setara dengan flu burung (tapi sakit mata, tidak akan menular ke manusia) . Virus penyebab sakit mata ini bisa menular dengan sangat cepat. apabila tidak ditangani dengan benar, peternak bisa gulung tikar akibat semua indukan miliknya tertular dan mati secara cepat dan massal dalam jangka waktu 1-2hari saja.



0 comments:

Post a Comment

 
 
Copyright © seputar dunia burung
Blogger Theme by Blogger Designed and Optimized by Tipseo