Monday, February 4, 2013

Tips mengatasi kenari yang kegemukan


Untuk mengatasi kegemukan pada kenari dapat dilakukan dengan cara melakukan diet pada kenari. Kenari tidak diberi pakan berupa biji-bijian, akan tetapi hanya diberi pakan berupa sayuran berupa timun dan sawi putih dalam jumlah yg banyak selama 3 - 7 hari. Dalam waktu tsb biasanya jumlah lemak dalam perut akan berkurang. Jika warna perut sdh tidak menguning lagi maka biji-bijian dapat diberikan lagi dalam jumlah terbatas dan sayuran harus diberikan setiap hari. Kenari dewasa hanya memerlukan pakan biji bijian sebanyak 10 gr/hr (kurang lebih satu sendok makan), dr. Drh. Edi boedi santoso, mp. Dosen kedokteran hewan ugm.

Source: bulletin kenari, papburi yogyakarta, edisi: 09/i-juni/2006
masukan yang bagus ..masuk akal jg seh tapi mungkin kalau masuk umbaran dan jemur perlu waktu sedikit lebih lama di banding treatmenya dr. Drh. Edi boedi santoso, mp. Dosen kedokteran hewan ugm. Tapi itu kembali ke masing2 individu aja.

Lebih baik lagi dua2nya dilakukan dengan dimasukan ke kandang umbaran dan makan hanya sayuran sehingga kalori yang keluar lebih besar dari yang masuk. Kalau istilahnya berolahraga dan diet sekalian. Kalau dikandang umbaran juga perlu agak "dipaksa" untuk terbang/bergerak dengan mengunakan alat bantu seperti rotan kecil atau bambu halus.

Jangan lupa di umbar karena lemak jenuh susah hilang walau sudah di bantu diet. Tampa gerak lemak tidak hilang. Ada beberapa metode menghilangkan lemak antara lain :
1.      Jemur habis mandi pakai kerodong ( cukup lumayan pengaruh nya tapi berbahaya karena membahayakan kenari itu sendiri harus di tungguin jemur nya )
2.      Seperti kata mas kopral di berikan timun eg. 1minggu ( kalo saya sih bole saja di kasih makanan tapi di kontrol eg. 1 sendok teh perhari takutnya supplemen vitamin dan other mineral untuk kenari terganggu. Tidak hanya takut nya kenari jadi kurus tapi jadi drop juga kalau tidak di bantu dengan bijian karena itu adalah makanan pokok kenari )
3.      Sering nya di olahragakan / di umbar plus jemur yang kuat ( lagi lagi berbahaya kalau jemur kelamaan sekali lagi harus di pantau terus charc burung kuat berapa lama )

jangan lupa kontrol pakan high fat seperti telur, cd dan jenis tepung tepungan mengandung telur di pastikan takeran nya pas dan tidak membuat kenari gemuk. Biji bijian juga di atur porsi nya seperti canary seed, niger seed ( biji bijian yang sangat tinggi kadar lemak nya ). Untuk daerah dingin sedikit lemak tidak masalah , malah membuat burung jadi prima karena lapisan lemak di kulit membantu proses penghangatan tubuh.

Penyajian langsung hanya menggunakan sayuran saja dapat membahayakan kenari, logikanya seperti pada manusia maka akan kekurangan karbohidrat dan protein yang pada akhirnya akan merugikan bagi kesehatan burung tsb. Pakan biji-2an tetap diberikan, hanya saja porsinya di jatah dan dikurangi. (1 sendok teh cukup) dan sayuran di perbanyak, serta ditaruh dikandang umbaran.

Kenari diumbar supaya gerak terus alias olah raga, fungsinya ya nafas jd panjang gunanya untuk kalo lg nyanyi jd lebih kuat nafasnya. Jd logikanya kalo suara udah panjang bakal lebih panjang. Kalo suara keras jd lebih keras.
Tapi suara kecil ya tetap kecil, suara terputus ya tetap terputus karena udah dari sononya type nya begitu. Kalo cuma diumbar bakal panjang dan keras logikanya beli aja bakalan yang banyak trus diumbar aja. Trus sekian waktu dipanen jadilah burung kualitas kontess.

Untuk gaya tarung kenari (saat ngotot) ada berbagai macam:

  • Jalan kanan - kiri secara aktif di 1 tangkringan, ada juga jalan kiri-kanan skali pindah ke tangkringan lain jalan lagi.
  • Muter di 1 tempat secara aktif maupun sekali2 (istilahnya gaya helikopter)
  • Sambil goyang badannya tapi dalam 1 tempat.
  • Ada yg kombinasi diatas sambil buka sayap

masih ada berbagai gaya tapi saya rasa merupakan kombinasi diatas. Yang paling pokok adalah irama lagu, speed, volume (lebih diutamakan yang kristal), variasi dan panjang nafas. Jangan lupa juga konsistensi dari kenari tersebut dalam membawakan gaya, klo bisa dihindari turun didasar kandang.
Untuk melatih nafas ada beberapa cara yg sering diterapkan baik untuk bahan juga untuk yg sudah gacor :

  • Jemur kuat dari jam 7:00 sampe jam 11:00 dengan minum sdikit aja dan sediakan buah (apel atopun pepaya) stelah jemur angin2 sbentar sediakan air untuk mandi. Klo sudah kelihatan sudah kering bisa dikrodong. Sore buka krodong dan ganti makanan yg tersisa

  • Besok menu buah diganti dengan sayuran tapi pemberian setelah jemur.
  • Berikan grit untuk mengasah paruh dan membersihkan lendir yg terdapat dipita suara selain untuk membantu pencernaan.

Sedangkan untuk melatih variasi maupun irama lagu termasuk speed bisa digunakan master:
  • Prenjak yg ngeroll dan nembak
  • Kalau ada kenari cukup membantu

0 comments:

Post a Comment

 
 
Copyright © seputar dunia burung
Blogger Theme by Blogger Designed and Optimized by Tipseo