Friday, February 15, 2013

Tahapan merawat bakalan MB

Beberapa hal yang harus diperhatikan mengenai tahapan umum akan dilalui oleh para hobbies dalam melakukan perawatan terhadap MB bakalan.

Hal ini untuk mengurangi tingkat keraguan para hobbies baru dalam merawat MB bakalannya dan memastikan bahwa tahapan-tahapan yang dilalui telah sesuai dengan harapan secara umum.


Tahapannya adalah sebagai berikut :

  1. Diasumsikan kita telah memiliki MB bakalan yang sudah kita pilih sesuai kriteria pemilihan yang baku. 
  2. Diasumsikan juga, MB bakalan ini juga sudah makan voer, sesuai dengan cara yang telah saya share dalam postingan sebelumnya.
  3. Satu atau dua minggu setelah MB bakalan makan voer, maka kita dapat melakukan proses mandi secara rutin dan penjemuran secara bertahap. Pada masa ini MB sebaiknya buka krodong (kecuali malam) tapi MB tetap ditempatkan pada tempat yang sedikit terisolasi atau tenang, Biasanya pada tahap ini MB sudah terlihat sedikit tenang.
  4. Satu atau dua minggu setelah tahapan ke 3, MB bakalan sudah dapat digantang di tempat keramaian atau di tempat orang berlalu lalang, walaupun beresiko MB tersebut akan kembali terlihat giras.
  5. Dua atau tiga minggu setelah tahapan ke 4, MB biasanya mulai memperlihatkan kemampuannya berkicau yang diawali dengan suara ngeriwik (biasanya pada saat turun hujan) dan sesekali ngeplong.
  6. Dua atau tiga minggu setelah tahapan ke 5, MB biasanya akan terlihat mulai rajin ngeplong.
  7. Pasca mabung pertama di tangan kita, MB akan terlihat jelas mengalami perubahan, terutama gaya, tingkat keberanian dan variasi kicauannya serta sudah mulai terlihat marah jika mendengar suara burung lain.
  8. Pada tahap inilah biasanya MB sudah siap untuk ditrek sekaligus melihat kemampuan tempur, kemampuan vokal dan variasi kicauan dihadapan musuh-musuhnya. Ingat....., ini adalah tahapan secara umum. Artinya ada MB yang dapat lebih cepat melalui tahapan-tahapan di atas dan ada juga yang relatif lebih lama.

Hal ini lebih banyak ditentukan oleh kemampuan dan mental dari MB itu sendiri untuk dapat beradaptasi dengan lingkungan barunya serta pengaruh dari pola rawatan kita.

Idealnya, 2-3 bulan setelah kita rawat, MB sudah berani mengeluarkan suara ngeplong, walaupun ada juga yang 1 minggu setelah kita rawat sudah berani mengeluarkan suara ngeplongnya.

Jadi inilah tahapan yang mungkin dapat dijadikan pedoman umum bagi para hobbies baru dalam merawat MB, sehingga para hobbies tidak merasa ragu dengan kemampuan MB-MB bakalannya.



http://muraibatuaceh.blogspot.com/2008/07/tahapan-dalam-merawat-mb.html?showComment=1360839140791

0 comments:

Post a Comment

 
 
Copyright © seputar dunia burung
Blogger Theme by Blogger Designed and Optimized by Tipseo