Friday, February 1, 2013

Mendongkrak Produktifitas dengan Ikan Cere

Anak Megatruh - 7 hari
Indukan betina pada umumnya biasa bertelur antara 2 hingga 3 butir dalam setiap periode produksi. Ada memang, indukan yang bisa bertelur hingga 4 bahkan 5 butir. Tetapi itu jarang terjadi dan barangkali hanya fenomena.

Pertanyaannya, apakah jumlah telur bisa ditingkatkan? 

Lalu, dengan cara apa jumlah telur bisa didongkrak?

Di penangkaran TORO BF, ada 2 pasang indukan yang ternyata bisa bertelur hingga 4 butir dalam setiap periode produksi, yakni indukan kandang “Megatruh” dan kandang “Kitaro”. Sebelumnya, seperti indukan-indukan yang lain, 2 pasang indukan ini selalu bertelur antara 2 hingga 3 butir. Tetapi setelah rajin dithreatment dengan menambahkan extra fooding berupa ikan cere atau ikan gupi, indukan-indukan itu dalam 2 periode produksi terakhir, mampu bertelur hingga 4 butir dengan daya tetas cukup memuaskan.
Ikan cere atau gupi bisa dibeli di kios-kios penjual ikan hias dengan harga yang cukup murah. Ikan diberikan hidup-hidup sebanyak 4 hingga 6 ekor untuk sepasang indukan. Saya biasa memberikannya 2 hari sekali. Sedangkan EF lain seperti jangkrik, kroto, cacing dan ulat hongkong, tetap diberikan seperti biasanya sesuai takaran masing-masing indukan.

Trotol MB usia 22 hari

Ini sekedar berbagi pengalaman, yang kepastiannya masih perlu dibuktikan lebih lanjut. Mungkin saja ini hanya sebuah kebetulan, atau sekedar pola sementara yang belum tentu bisa diterapkan kepada semua jenis indukan. Tetapi, setidaknya saya telah mencoba dan membuktikannya pada 2 pasang indukan, yang hasilnya cukup menggembirakan.
Jika berkenan, silahkan dicoba. Siapa tahu cocok buat indukan-indukan Anda.


 http://www.pecintamuraibatu.com/?p=451#more-451

0 comments:

Post a Comment

 
 
Copyright © seputar dunia burung
Blogger Theme by Blogger Designed and Optimized by Tipseo